Chat Via WA

LOMBOK TENGAH, MP

Palang Marah Indonesia (PMI) Kabupaten Lombok Tengah mendistribusikan ribuan solar lamp atau neon solar sell di 2 kecamatan yang juga termasuk daerah terdampak gempa yang minim cahaya."Jumlah neon solar sell yang akan kami berikan kepada masyararakat yang terdampak bencana gempa di Kecamatan Batukliang dan Pringgarata adalah 1000 neon solar sell," ungkap Ketua PMI Kabupaten Loteng, H. Sumum, saat ditemui awak media di Kantor Bupati Loteng pada Selasa (19/11).

Disampaikan Sumum bahwa Bantuan ini merupakan dukungan dari Federasi Internasional Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah. Sebelum diserahkan kepada warga pihaknya juga memberikan sosialisasi terlebih dahulu cara penggunaan dan fungsinya, termasuk hal-hal panting yang harus diperhatikan terkait neon solar sell. "Pasca bencana gempa yang meluluh lantahkan berbagai wilayah di NTB khususnya Loteng masih banyak warga yang tinggal di okasi minim péncahayaan. Selain itu, jaringan listrik ke beberapa lokasi terdampak bencana pun masih minim. Makanya kita berinisiasi untuk mendistribusikan 1000 unitneon solar sell," jelasnya.

Ketua PMI Kabupaten Loteng yang juga merupakan Kepala Dinas Pendidikan itu juga mengatakan kedua titik terdampak parah di Kabupaten Loteng itu yaitu di kecamatan Pringgarata dan Batu Kliang. Dua desa yang paling terdampak yakni Desa Sintung di Kecamatan Pringgarata dan Desa Selebung di Kecamatan Batukliang. "Adapun warga yang dipilih mendapatkan bantuan disesuaikan dengan kriteria khusus, sehingga tidak seluruh kepala keluarga terdampak bencana mendapatkannya. Neon solar sell ini kami distribusikan kepada warga yang tinggal di dua Kabupaten yang terdampak bencana gempa lalu. Kami harapkan warga penerima bantuan , ini bisa memanfaatkan untuk berbagai kepentingan," paparnya.

Lebih jauh disampaikan bahwa bantuan selanjutnya akan terus diberikan pihak Federasi pusat PMI lntemasional. Selain neon solar sell, sejauh ini bantuan yang telah diberikan berupa tenda, alat-alat kesehatan, dan seragam sekolah. "Kita diminta sekarang ini untuk mengcovery bantuan yang telah diberikan oleh pemerintah agar regulasinya jelas. ltu semua menjadi bagian dari prasyarat bantuan dari PMI Pusat," pungkasnya.